5 Kesalahan Umum Pengusaha Pemula Yang Sering Dilakukan


Didalam memulai bisnis, banyak pengusaha pemula yang membuat kesalahan sehingga usahanya tidak berjalan atau bahkan bangkrut. Kesalahan tersebut dapat dihindari dengan melakukan analisa yang lebih dalam sebelum memulai suatu usaha. Berikut beberapa kesalahan umum pengusaha pemula yang wajib dihindari.

1. Salah Perhitungan
Ketika memulai suatu bisnis, harus memperhitungkan segala sesuatu yang mungkin terjadi terutama kemungkinan terburuk. Perlu adanya dana cadangan sehingga jika ada hal-hal yang tidak terduga maka usaha tetap dapat berjalan dan tidak kehabisan uang di tengah jalan yang menyebabkan usaha collapse.

2. Salah Mengambil Keputusan
Dalam mengambil keputusan ketika berbisnis haruslah mempertimbangkan banyak hal dan tidak boleh dari 1 atau 2 faktor saja. Misalnya, ketika ingin berbisnis kuliner, harus mempertimbangkan lokasi, karyawan, jam buka dan tutup, jenis makanan yang dijual, dan lainnya. Salah dalam mengkombinasikan hal-hal tersebut dapat membuat bisnis tidak laku atau tidak berjalan dengan lancar.

3. Mempekerjakan atau Menempatkan Orang Yang Tidak Tepat
Ketika merekrut orang untuk posisi tertentu, orang tersebut haruslah punya skill dan juga sehat jasmani rohani sehingga ia dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Jika tidak sehat jasmani atau rohani, bisa menimbulkan masalah dalam pekerjaan suatu hari nanti sehingga lebih baik tidak usah direkrut meskipun sedang kekurangan orang.

4. Kurang / Tidak Memiliki Koneksi
Faktor penting dalam berbisnis adalah memiliki koneksi sehingga urusan bisnis dapat selesai dengan cepat dan mudah. Contohnya, jika kenal dengan direktur utama perusahaan A, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan order dibanding tidak mengenal siapapun.

5. Salah Mengelola Keuangan
Setelah memperoleh pendanaan dari investor, uang yang didapat harus dikelola dengan baik karena sudah diberi kepercayaan. Pengolahan perusahaan harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan.

Comments