5 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Offline dan Online


Kemampuan untuk mengolah makanan dengan baik memang tidak dimiliki oleh semua orang. Namun, kemampuan tersebut akan kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan trik pemasaran atau marketing yang bagus. Berikut beberapa cara untuk memasarkan produk makanan agar bisa cepat dikenal oleh masyarakat.

1. Buka Restoran di Mall / Ruko / Tenda


Cara yang pertama ini merupakan cara yang biasanya terpikirkan pertama kali oleh orang yang ingin membuka bisnis kuliner. Jika ingin membuka bisnis kuliner di tempat tertentu, maka harus memperhatikan kesukaan orang-orang yang biasanya sering berada di tempat tersebut. Misalnya, jika orang-orang di tempat tersebut lebih menyukai mie goreng, maka kita bisa menjual mie goreng.

2. Memasarkan Melalui Aplikasi Pemesanan Makanan


Daftarkan bisnis anda di aplikasi pemesanan makanan secara online. Saat ini sudah tersedia Go-Food dan Grab Food untuk dapat memesan secara online. Selain itu, masyarakat terutama di kota besar sudah terbiasa untuk memesan makanan menggunakan kedua aplikasi ini.

3. Menawarkan ke teman-teman, perkantoran, atau tempat usaha


Strategi lainnya yang tidak kalah penting adalah menawarkan ke teman-teman dan tempat usaha ataupun perkantoran. Tujuannya adalah memperkenalkan makanan yang kita buat. Selain itu, tawarkan juga tempat usaha untuk berlangganan makanan kita, terutama tempat usaha yang menyediakan makanan bagi para karyawannya.

4. Buat Brand dan Pasang Iklan di Media Sosial
Buatlah nama usaha makanan anda atau branding anda sendiri yang mudah diingat dan semenarik mungkin, misalnya Ayam Panas Salju. Nama tersebut dapat mengundang orang karena penasaran karena salju hanya ada di tempat yang dingin. Setelah membuat branding, jangan lupa bikin akun sosial media, terutama di instagram, lalu post foto-foto makanan terbaik anda. Jangan lupa juga siapkan budget untuk iklan sehingga orang-orang yang belum tahu bisa mencoba makanan anda.

5. Daftarkan ke Google Business
Selain keempat cara di atas, hal yang tidak kalah penting adalah mendaftarkan bisnis anda ke google sehingga dapat ditemukan ketika dicari di google. Biasanya setelah didaftarkan, google akan mengirim surat berisi kode konfirmasi untuk memastikan alamat yang kita input sudah valid.

6. Membuat Brosur dan menitipkannya
Buatlah brosur yang bagus dan menarik, jika tidak bisa design bisa gunakan jasa design freelance seperti fiverr atau upwork. Brosur bisa dititipkan ke satpam perumahan atau teman-teman lainnya.

Comments