7 Contoh Karakter Wirausahawan Yang Sukses dan Berhasil



Menjadi wirausahawan tidaklah mudah karena perlu memiliki karakter-karakter yang baik dan memiliki kemampuan dalam pekerjaannya sehingga suasana tempat kerja menjadi baik dan nyaman serta pekerjaan-pekerjaan yang ada juga dapat diselesaikan dengan baik. Berikut 7 karakter yang wajib dimiliki oleh wirausahawan untuk dapat berhasil dalam bisnisnya.

1. Optimis
Seorang wirausahawan harus memiliki sikap optimistis dalam menjalankan usahanya. Bila dari awal sudah tidak mempunyai sikap optimistis bagaimana nantinya mau memimpin perusahaan. Bahkan, karyawan pun tidak mau bekerja lama di tempat boss yang tidak memiliki optimistis terhadap masa depan.

2. Sabar
Seorang pemimpin perlu memiliki kesabaran dalam mengerjakan banyak hal, terutama dalam menghadapi karyawan yang melakukan kesalahan. Ketidaksabaran atau ketidakmampuan dalam mengendalikan emosi akan berakibat langsung ke lingkungan kita dan orang-orang yang mendukung kita. Mereka bisa sakit hati atau kecewa dengan kita karena kita galak atau bersikap kurang baik terhadap mereka. Kesabaran membuat seorang wirausahawan dihargai dan dihormati oleh partner dan karyawannya.

3. Tekun
Ketekunan membuktikan daya tahan seorang wirausahawan dalam menghadapi persoalan. Dengan ketekunan, masalah yang pada awalnya sulit untuk diselesaikan menjadi bisa diselesaikan dengan mudah.

4. Mandiri
Seorang wirausahawan maupun karyawan perlu kemandirian dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Jika masih melibatkan orang lain dalam hal yang seharusnya dilakukan sendiri tentunya akan sulit berkembang. Mandiri bukan berarti melakukan segala sesuatunya sendiri dan tidak boleh menggunakan karyawan, tetapi artinya adalah mampu melakukan dan menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya sendiri.

5. Memiliki Target Dalam Pekerjaan
Setiap pekerjaan atau proyek harus memiliki deadline atau target kapan proyek tersebut selesai sehingga dapat diketahui kapan kira2 perusahaan akan mencapai tingkatan tertentu.

6. Memiliki Kemampuan Manajerial
Kemampuan manajerial disini berarti mampu menempatkan orang pada posisinya sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, orang dengan kemampuan memasak diposisikan sebagai koki dan bukan sebagai pelayan atau tukang bersih-bersih. Salah penempatan dapat membuat usaha kacau dan tidak berjalan dengan baik.

7. Menghargai Orang Lain
Seorang wirausahawan yang baik dapat menghargai orang lain, mulai dari memberi salam ataupun memberi barang atau hadiah lainnya pada karyawannya ataupun partner bisnis.

Comments