13 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal



Sebelum internet ditemukan, banyak pekerjaan dan bisnis yang memerlukan tatap muka secara langsung. Namun, saat ini ketika internet sudah mendunia, hal tersebut tidak lagi menjadi kewajiban. Misalnya, ketika tidak bisa bertemu secara langsung namun ada hal yang harus dibicarakan, maka bisa dilakukan video conference melalui internet. Melalui internet juga banyak pekerjaan dan bisnis yang dapat dijalankan. Berikut 13 cara menghasilkan uang dari internet.

1. Menjual Barang

Saat ini, untuk membeli barang tidak lagi harus keluar rumah karena sudah banyak toko online yang menyediakan barang yang bagus. Bahkan, terkadang harga barang di toko online bisa lebih murah dibanding dengan beli di toko fisik. Anda bisa mulai menjual barang di toko online lokal seperti Tokopedia atau Shopee. Jangan lupa sebelum mulai menjual barang, bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang ada karena tidak semua barang boleh dijual.

2. Membuka Jasa Freelance


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti freelance atau tenaga lepas adalah pekerja yang hanya diperlukan sewaktu-waktu bergantung pada ketersediaan pekerjaan.
Tawarkan jasa freelance di situs upwork atau fiverr. Jasa Freelance yang ditawarkan bisa berupa penulisan konten blog, desain, ataupun pengembangan aplikasi. Tawarkan jasa yang memang anda kuasai dan bila perlu pasang harga murah saat anda belum terlalu dikenal agar tidak kalah bersaing dengan para freelancer lainnya yang sudah ada sebelumnya. Dalam menawarkan jasa freelance , diperlukan juga portofolio atau contoh hasil pekerjaan yang pernah dikerjakan. Pasang portofolio terbaikmu untuk meyakinkan calon klien.

3. Menjual Foto

Foto dan Video adalah salah satu bentuk aset digital di zaman modern ini. Jika anda memiliki foto-foto yang bagus dan menarik, anda bisa menjualnya di situs jualan foto seperti shutterstock, microstock, istockphoto, bigstockphoto.

4. Membuat Channel Youtube


Saat ini Youtube adalah salah satu media yang cukup besar di dunia yang menampilkan video-video dari penggunanya di seluruh dunia. Tidak sedikit orang yang menjadikannya penghasilan utama. Para content creator bersaing membuat video yang unik dan menarik agar ditonton oleh banyak orang. 
Buatlah channel youtube yang fokus dengan niche atau topik tertentu, terutama topik yang ingin diketahui banyak orang sehingga viewer dari video-video anda akan banyak. Saat ini, syarat untuk memonetisasi atau mendapatkan uang dari youtube melalui google adsense adalah channel tersebut harus mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dari total semua video.

5. Membuat Blog


Blog merupakan salah satu bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan. Buatlah blog yang memiliki topik tertentu yang diminati masyarakat. Tentunya jangan lupa juga untuk menganalisa kata kunci yang digunakan untuk judul dan isi konten blog. Untuk membuat blog, anda dapat mendaftar di blogger.com atau wordpress.com.

6. Membuat Aplikasi atau Game untuk Android / iOS


Untuk membuat game tidaklah harus memiliki skill coding karena saat ini sudah terdapat beberapa aplikasi untuk membuat game tanpa harus memiliki kemampuan programming. Contoh dari aplikasi yang dapat digunakan adalah
buildbox dan construct. Buatlah aplikasi atau game untuk android ataupun iOS lalu upload game tersebut di marketplace seperti Google Play dan Apple app store. Jangan lupa untuk memonetisasinya melalui iklan, subscription, ataupun in app purchase.

7. Trading Cryptocurrency


Cryptocurrency atau mata uang digital saat ini sudah sangat populer di dunia. Nilainya pun bervariasi tergantung pada demand dan supply masing-masing cryptocurrency. Gunakan kesempatan untuk membeli ketika harga cryptocurrency sedang rendah dan juallah ketika harganya melambung tinggi.

8. Menjual Source Code Aplikasi buatan Sendiri


Untuk membuat aplikasi dari nol adalah sesuatu yang cukup memakan waktu. Jika ada template aplikasi maka akan sangat membantu terutama bagi pengembang kecil. Dengan adanya template aplikasi atau game, maka akan memudahkan developer untuk membuat game tanpa harus memulai dari awal, melainkan hanya memodifikasi script yang sudah ada. Jika anda orang IT yang bisa coding, buatlah source code aplikasi lalu jual di situs penjualan source code seperti
codecanyon atau sejenisnya.

9. Jual Beli Domain

Saat ini sudah sangat banyak bisnis yang go online sehingga membutuhkan website dan nama domain. Domain yang populer digunakan biasanya diakhiri dengan .com (dot com), meskipun banyak juga akhiran nama-nama domain lain yang digunakan. Semakin sering suatu kata digunakan, biasanya akan semakin mahal harga domainnya. Belilah nama domain yang kira-kira berpotensi untuk dijual ke depannya atau domain yang memang harganya murah. Situs jual beli domain yang saat ini banyak diakses adalah flippa.com.

10. Membuat dan Menjual E-Book

Jika anda memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu, buatlah e-book yang berisi mengenai keahlian tersebut. Misalnya, jika anda ahli dalam SEO (Search Engine Optimization), anda bisa membuat e-book tentang itu lalu menjualnya di media sosial atau toko online.

11. Menjadi Instruktur Online

Jika anda memiliki kemampuan mengajar, anda bisa mencoba untuk menjadi instruktur dalam bidang keahlian anda. Cobalah membuat video dan materi pengajaran lalu jual materi tersebut di udemy atau situs-situs sejenisnya.

12. Menjadi Karyawan Yang Bekerja Online

Anda bisa mencari dan melamar pekerjaan yang bisa dilakukan secara online, contohnya seperti asisten virtual, desain karakter, dan pengembang aplikasi.

13. Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi adalah program yang menawarkan komisi ketika kita berhasil mempromosikan sesuatu. Ikutilah program afiliasi yang disediakan oleh situs-situs ternama dan sudah terbukti membayar, terutama situs besar seperti Amazon.


Comments