10 Faktor Umum Penyebab Kegagalan Wirausaha atau Dagang


Berwirausaha atau Berbisnis tentunya tidaklah mudah karena ada berbagai macam faktor yang harus dipenuhi agar suatu usaha dapat berjalan, mulai dari segi lokasi, pengelolaan usaha, pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM, pemasaran, dan sebagainya. Berikut beberapa faktor umum yang menyebabkan usaha gagal atau tidak berjalan.

1. Tidak Memiliki Karakter Pengusaha
Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tentunya seseorang harus memiliki karakter-karakter yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Tanpa karakter pengusaha, sudah dapat dipastikan bahwa seseorang tidak mungkin menjadi pengusaha yang sukses. Usaha yang sukses diawali dan didasari dari karakter-karakter pengusaha yang baik sehingga perusahaan dapat berkembang, contohnya adalah mau terbuka untuk menerima kritik orang lain, tidak mudah tersinggung, tekun, berani, dan juga menghargai orang lain.

Baca Juga : 7 Contoh Karakter Wirausahawan Yang Sukses dan Berhasil

2. Tidak Memiliki Pengetahuan Yang Cukup di Bidang Usaha Tersebut
Pengetahuan dalam bidang usaha sangat dibutuhkan agar usaha dapat berjalan. Tanpa pengetahuan yang cukup, akan terdapat kesalahan-kesalahan yang membuat usaha merugi. Contohnya, jika ingin menjual buku, maka harus tahu kualitas buku yang baik dan buruk itu seperti apa.

3. Tidak Memiliki SDM Yang Berkualitas
SDM yang berkualitas sangat diperlukan untuk membangun dan mengembangkan perusahaan. Tanpa pekerja-pekerja yang kompeten, perusahaan tidak dapat maju. Oleh karena itu, dalam melakukan seleksi haruslah dilakukan secara tepat. Jika membutuhkan seorang akuntan, maka rekrutlah akuntan yang sudah berpengalaman dan berikanlah benefit yang sesuai dengan kemampuannya.

4. Tidak Memiliki Kemampuan Manajerial Yang Baik
Menjadi pengusaha tentu harus memanajemen banyak hal dengan baik, mulai dari keuangan, SDM, jadwal kerja, pekerjaan, pemasaran, dan sebagainya.

5. Tidak Mampu Mengelola Keuangan
Keuangan Harus Dikelola dengan baik agar pengeluaran disesuaikan dengan pendapatan sehingga tidak terjadi krisis keuangan yang menyebabkan perusahaan cepat bangkrut. Setiap usaha pun perlu adanya cadangan uang untuk bertahan ketika terjadi keuangan atau krisis.

6. Tidak Fokus Pada Bisnis Yang Dijalankan
Agar usaha dapat berjalan tentunya harus fokus menjalankan usaha tersebut sehingga setiap persoalan yang ada bisa cepat terselesaikan dengan baik. Tidak fokus menyebabkan pekerjaan dan masalah tidak kunjung selesai.

7. Salah Melakukan Penargetan Pasar
Setiap produk memiliki pasarnya sendiri dan cara pemasarannya sendiri sehingga tidak bisa disamakan antara produk satu dengan lainnya. Contohnya, super car target pasarnya akan berbeda dengan city car karena harga dan fungsinya pun berbeda meskipun sama-sama mobil.

8. Membuat Produk Yang Tidak Dibutuhkan
Seiring dengan berkembangnya zaman, bermunculanlah berbagai macam produk di pasar, mulai dari yang bagus dan berguna hingga produk yang jelek dan tidak berguna. Perusahaan yang membuat produk yang tidak dibutuhkan sudah pasti akan tutup. Untuk itu, sebelum membuat sebuah produk, pikirkanlah dulu fungsinya bagi pasar atau bagi target market kita.

9. Gagal Memasarkan Produk
Produk yang bagus jika tidak dapat dipasarkan maka hasilnya tidak maksimal atau bahkan tidak dapat diterima oleh pasar. Untuk dapat memasarkan produk, kita harus menonjolkan keunggulan produk tersebut. Sedangkan, untuk cara memasarkan bisa disesuaikan dengan target market kita.

10. Tidak Belajar Dari Kesalahan / Pengalaman
Kesalahan terakhir ini adalah kesalahan yang paling FATAL dari seorang pengusaha. Ketika tidak belajar dari kesalahan, maka sama seperti masuk ke jalan buntu lalu keluar dan masuk lagi ke jalan buntu tersebut. Hal itu akan terus berulang dan usaha tidak akan pernah berjalan.

Comments